Bara

Bara
Pantai Walasangke Binongko

Rabu, 22 Juni 2011

Laporan Lengkap TI

PERCOBAA 1
MICROSOFT WINDOWS

TUJUAN
1. Untuk mengetahui bagian-bagian yang ada pada windows
2. Untuk mengetahu fungsi dari beberapa fitur dalam Microsoft Windows
3. Untuk mengetahui cara bekerja dengan computer dalam Sistem Operasi Windows
MANFAAT
1. Dapat mengetahui bagian-bagian yang ada pada windows
2. Dapat mengetahu fungsi dari beberapa fitur dalam Microsoft Windows
3. Dapat mengetahui cara bekerja dengan computer dalam Sistem Operasi Windows
DASAR TEORI
Pada awal-awal tahun 1990an, hubungan antara Microsoft dan IBM pun meregang akibat munculnya sebuah konflik. Hal ini dikarenakan mereka saling bekerja sama dalam mengembangkan sistem operasi komputer pribadi masing-masing (IBM dengan OS/2 dan Microsoft dengan Windows-nya), keduanya memiliki akses terhadap kode masing-masing sistem operasi. Microsoft menghendaki pengembangan lebih lanjut dari sistem operasi Windows buatannya, sementara IBM memiliki hasrat bahwa semua pekerjaan masa depannya haruslah dibuat berdasarkan sistem operasi OS/2. Dalam sebuah percobaan untuk mengakhiri konflik ini, IBM dan Microsoft akhirnya setuju bahwa IBM akan mengembangkan IBM OS/2 versi 2.0, untuk menggantikan OS/2 versi 1.3 dan Windows 3.0, sementara Microsoft harus mengembangkan sebuah sistem operasi baru, OS/2 versi 3.0, yang akan kemudian menggantikan OS/2 versi 2.0 (Anonim).
Persetujuan ini pun tidak berlangsung lama, sehingga hubungan IBM dan Microsoft pun dihentikan. IBM akhirnya melanjutkan pengembangan OS/2, sementara Microsoft mengganti nama sistem operasi OS/2 versi 3.0 (yang belum dirilis) menjadi Windows NT. Keduanya masih memiliki hak untuk menggunakan teknologi OS/2 dan Windows yang sudah dibentuk sampai pemutusan persetujuan; akan tetapi, Windows NT benar-benar ditulis sebagai sebuah sistem operasi yang baru dan sebagian besar kode bebas dari kode IBM OS/2 (Anonim).
Setelah versi 1.3 dirilis untuk untuk membenarkan beberapa masalah dalam OS/2 versi 1.x, IBM akhirnya merilis OS/2 versi 2.0 pada tahun 1992. Versi 2.0 ini menawarkan peningkatan yang signifikan, yakni sebuah GUI berorientasi objek, yang disebut dengan Workplace Shell (WPS), yang mencakup di dalamnya sebuah dekstop dan dianggap oleh banyak orang merupakan fitur terbaik di dalam OS/2. Microsoft pun akhirnya "menjiplak" beberapa elemen dari Workplace Shell pada sistem operasi Windows 95 yang dirilis tiga tahun kemudian. Versi 2.0 juga menawarkan API yang mendukung penuh instruksi 32-bit milik Intel 80386, sehingga menawarkan fitur multitasking yang bagus dan mampu mengalamatkan memori hingga 4 gigabyte. Meskipun demikian, banyak hal di dalam internal sistem masih menggunakan kode 16-bit, yang mengharuskan device driver juga harus ditulis dengan menggunakan kode 16-bit juga, selain tentunya beberapa hal internal lainnya. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa OS/2 kekurangan driver perangkat keras. Versi 2.0 juga mampu menjalankan aplikasi DOS dan Windows 3.0, karena memang IBM juga masih memiliki hak untuk menggunakan kode DOS dan Windows setelah "perceraian" hubungan antara mereka (Anonim).


Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna dapat memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya.

* win /r: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus real
* win /s: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus standar
*win /3: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus 386 Enhanced (Anonim).

Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386.Karena adanya fitur kompatibilitas ke belakang, aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabene adalah prosesor 32-bit.
Windows 3.0 juga hadir dalam versi "multimedia", yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dibundel dengan keberadaan "multimedia upgrade kit", yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti halnya Creative Labs Sound Blaster Pro. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti halnya Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC.

Fitur-fitur yang disebutkan di atas dan dukungan pasar perangkat lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan Windows 3.0 sangat sukses di pasaran. Tercatat, dalam dua tahun sebelum dirilisnya versi Windows 3.1, Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan. Akhirnya, Windows 3.0 pun menjadi sumber utama pemasukan Microsoft, dan membuat Microsoft melakukan revisi terhadap beberapa rencana awalnya (Anonim).

PEMBAHASAN
Adapun prosedur yang digunakan dalam praktikum Ms. Word adalah sebagai berikut :
1. Memeatikan dan Merestar Komputer
a) Mengmengklik pada tombol star. Kemudian mengmengklik pada Shutdown, maka akan muncul kotak dialog Shutdawn Windows
b) Mengmengklik Shutdawn untuk mematikan dan mengklik Restart untuk merestar.
2. Melakukan Stand-By
c) Mengmengklik pada tombol Start. Kemudian mengmengklik pada Shutdown, maka akan muncul kotak dialog Shutdawn Windows
a) Memilih Stand-By Mode lalu mengmengklik OK
3. Memulai Sebuah Program
b) Mengmengklik pada tombol Start yang terletak pada bagian kiri bawah pada layar desktop
c) Memilih pada Program yang akan diikuti oleh munculnya Program Menu
d) Akan muncul tanda panah yang berarti pada bagian itu terdapat Menu bagian.
e) Mencari program yang akan dijalankan dan mengmengklik pada program tersebut 2 kali untuk memulainya.
4. Memasukkan sebuah item dari Desktop ke Start Menu atau Program Menu
a) Mengmengklik kiri pada item satu kali tanpa melepas mengklikan dan menggerakan item tersebut ke atas Tombol Start, kemudian melepaskan mengklikan ketika Start Menu muncul. Secrara otomatis item akan muncul di Start Menu
b) Untuk memindahkan item tersebut ked alam Program atau Menu bagian pada Start Menu, menggerakkan item tersebut dari Start Menu ke Program Menu atau Menu Bagian yang lain
5. Menggati Nama dan Menghapus sebuah item dari Start atau Program Menu
a) Menyorot item tersebut. Kemudian mengklik kanan
b) Mengmengklik kiri pada Delete untuk menghapus dan Rename untuk mengganti nama item tersebut.
6. Mengurutkan item-item dalam sebuat Menu
a) Masuk dalam Menu yang ingindiurutkan, kemudian mengmengklik kanan
b) Lalu mengmengklik kiri pada Sort By Name
7. Menemukan File atau Direktori secara cepat
a) Mengmengklik pada tombol Start. Memilih dan mengmengklik Search
b) Mengmengklik All Files and Folders
c) Sebuah kotak dialog akan muncul. Mengisi criteria-kriteria file atau direktori yang ingin ditemukan.
8. Membuat Selection
a) Mengmengklik kiri ditempat yang akan menjadi awal dari Selection
b) Menekan mengklik kiri tanpa melepasnya, lalu menggerakan mouse sampai semua bagian yang ingin dicakup.
9. Membuat Desktop Shortcut
a) Mengmengklik kanan pada Desktop, Memilih New-Shortcut. Windows Creat Shortcut akan muncul kemudian
b) Menulis lokasi dan nama dari item yang ingin dibuat Shortcutnya. Jika perlu dengan menggunakan Browse untuk menemukan item tersebut
c) Mengmengklik Next. Sebuah kotak dialog akan muncul, memasukkan nama yang dari Shortcut tersebut, lalu mengmengklik Finish

10. Mengubah Icon dari sebuah Desktop Shortcut
a) Mengmengklik kanan pada ikon tersebut. Mengmengklik pada Properties. Mengmengklik pada tombol Change Icon
b) Mengmengklik pada Icon yang dipilih, kemudiam mengmengklik OK.
11. Cut, Copy dan Paste
a) Memblok semua tulisan yang dikehendaki.
b) Mengmengklik Cut untung memotong file tersebut atau memilih Copy untuk menggandakan file tersebut.
c) Kemudian mencari lokasi yang akan kita simpan, lalu mengmengklik kana dan memilih Paste.
12. Menyimpan sebuah File
a) Mengmengklik pada Menu Bar Save untuk menyimpan atau Save As untuk menyimpan dengan nama yang berbeda
b) Maka akan muncul kotak dialog, kemudian mencari lokasi penyimpana File tersubt.
c) Menulis nama file tersebut, kemudian mengmengklik Save
13. Memformat Disket
a) Memasukkan Disket ke Drive a
b) Membuka My Computer atau Windows Explorer
c) Mengmengklik kana pada Drive a dan memilih Format
14. Mematikan Program yang Hang
a) Mengkombinasi tombol Ctrl+Alt+Del
b) Setelah muncul kotak dialog, kemudian memilih program yang hang dan mengmengkliknya
c) Kemudian Mengklik tombol End Task
KESIMPULAN
1. Bagian-bagian dari Windows umumnya terdiri dari Layar Desktop, Menu Start, Kontrol Panel, My Documen dan My Komputer.
2. Fungsi berbagai fitur yaitu save untuk menyimpan, refresh untuk menyegarkan computer, shutdown untuk mematikan compute, restart untuk membooting ulang, stand by untuk keadaan computer dalam posisi tidur, delete untul menghapus, copy untuk menggandakan file, cut untuk memotong file dan paste untuk menempelkan file.
3. Sistem Operasi Windows dapat memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan tulis-menulis atau menghitung serta mempresentasekan file kita melalui fitur yang telah disediakan dalam Sistem Operasi Windows yaitu Microsoft Office.






















PERCOBAA 2
MICROSOFT WORD

TUJUAN
1. Mengenal Microsoft Word
2. Untuk bisa mengoperasikan Microsoft Word
3. Mengetahu bagaimana membuat file, mengatur serta mencetaknya.
MANFAAT
1. Dapat mengenal Microsoft Word
2. Dapat mengoperasikan Microsoft Word
4. Dapat mengetahu bagaimana membuat file, mengatur dan menyimpannya dalam sebuah dokumen serta mencetaknya.
DASAR TEORI
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Memilih dan Mengklik tombol Start
2. Memilih menu program
3. Kemudian, memilih dan mengklik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan

Atau kita juga bisa mengmengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada desktop
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon). Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar) Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word.
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button). Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul.
Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word


Baris Toolbar (Tool bar)

Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, mengklik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.

PEMBAHASAN
Adapun prosedur yang digunakan dalam praktikum Ms. Word adalah sebagai berikut :
1. Membuka Ms. Word.
a) Pada jendela Microsoft Word , memilih menu File, mengklik tombol New, kemudian mengklik tombol General.
b) Double mengklik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru. 3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
2. Membuat Dokemen Baru
a) Mengklik tombol New Document yang ada pada baris menu.
b) Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita memilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
c) Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru
3. Membuka File yang sudah tesimpan
a) Mengklik menu File dan mengklik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
b) Memilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
c) Mengklik pada nama file yang akan dibuka.
d) Mengklik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
Alternatif lain :
a) Mengklik tombol Open File pada baris menu.
b) Tekan Ctrl+O. Dari kedua cara di atas, akan menghasilkan tampulan kotak dialog Open File, memilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Mengklik tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word
4. Menyimpan Dokumen
a) Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
b) Pada jendela Microsoft Word , memilih menu File, klik tombol Save. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save.
c) Mengetik nama file dokumen, dan klik Save.
5. Menutup Jendela Microsoft Word
a) Pada jendela Microsoft Word, memilih menu File, klik Exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
b) Memastikan bahwa dokumen yang telah diketik sudah tersimpan dengan benar.
c) Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan mengklik close pada menu bar.
KESIMPULAN
1. Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation.
2. Kita dapat mengoperasikan Ms. Word dengan langkah pertama yaitu membuka jendela dengan mengklik iconnya pada desktop.
3. Kita dapat membuat file word dan mengatur huruf, besar huruf, kertas, bats kertas dll, serta kita dapat mencetaknya dengan menekan Ctrl+P.




























PERCOBAA 3
MICROSOFT EXCEL

TUJUAN
1. Mengenal Ms. Excel
2. Melakukan pengoperasian dengan Ms. Excel
3. Mengetahu beberapa fungsi Ms. Excel
MANFAAT
1. Dapat mengenal Ms. Excel
2. Dapat melakukan pengoperasian atau bekerja dengan Ms. Excel
3. Dapat mengetahui beberapa fungsi dari Ms. Excel
DASAR TEORI
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini


Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain. Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh :Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
PEMBAHASAN
A. Lembar Kerja Microsoft Excel
Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu
bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah2 umum yang akan digunakan.
Beberapa istilah2 umum yang diberikan pada gambar dibawah ini akan banyak digunakan
dalam pembahasan selanjutnya, sehingga akan lebih baik bila kita menghafalkannya dengan
baik.










Gambar 1. Tampilan Microsoft Excel dan beberapa istilah penting

B. Memindahkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Ada beberapa cara untuk memindahkan cell pointer.
Tombol Keterangan
Pindah satu sel ke kiri, kanan, atas atau bawah
Enter
Pindah satu sel ke bawah
Home
Pindah ke kolom A pada posisi baris yang aktif
Ctrl + Home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl + End
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
PgUp
Pindah satu layer ke atas
PgDn
Pindah satu layer ke bawah
Alt + PgUp
Pindah satu layer ke kiri
Alt + PgDn
Pindah satu layer ke kanan
Ctrl + PgUp
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya
Ctrl + PgDn
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya

C. Memasukkan Data ke Lembar Kerja
Berbagai jenis data dapat dimasukkan ke dalam lembar kerja seperti teks, nilai, tanggal jam dan
lain sebagainya. Untuk memasukkan data ke dalam suatu sel, dapat mengikuti langkah berikut
ini :
1. Pilih atau klik sel tempat anda akan memasukkan data
2. Ketikkan data yang ingin dimasukkan
3. Tekan Enter atau tombol arah panah atau tombol PgUp dan PgDn

D. Memperbaiki Kesalahan Pengetikan
Bila ada kesalahan pengetikan data, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah2
berikut ini :
1. Pilih sel yang datanya ingin diperbaiki, lalu tekan F2. Atau klik tombol kiri maouse 2 kali
pada sel yang datanya ingin diperbaiki.
2. Selanjutnya perbaiki data yang salah tersebut dan tekan tombol Enter bila sudah selesai.

E. Menggunakan Rumus
Anda dapat memasukkan rumus yang berupa instruksi matematika ke dalam suatu sel pada
lembar kerja. Operator hitung yang dapat digunakan diantaranya adalah + (penjumlahan), -
(pengurangan), * (perkalian), dan ^ (perpangkatan).

Untuk mengenali cara penggunaannya, terlebih dahulu marilah membuat table seperti gambar 2
dibawah ini.






Gambar 2. Tabel Upah Kerja

Untuk mengisi sel E5 yakni Total Upah yang Diterima, dapat ditempuh dengan beberapa cara.

1. Menulis Rumus dengan Menggunakan Angka Tetap
a. Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik rumus “=48*3500” pada kolom baris rumus dan tekan Enter.
Catatan : Penulisan rumus selalu diawali dengan lambng sama dengan (=).

2. Menulis Rumus dengan Referensi Sel
a. Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik rumus “=E3*E4” pada kolom baris rumus dan tekan Enter.
Catatan : Dengan menggunakan cara ini, bila data di sel E3 &(atau) E4 diubah, maka hasil di
sel E5 pun akan ikut berubah.
3.Menulis Rumus dengan Cara Menunjuk
Dengan menggunakan keyboard atau mouse :
a. Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik “=” pada kolom baris rumus
c. Pilih atau klik sel E3, lalu ketik “*”
d. Pilih atau klik sel E4 lalu tekan Enter.



F. Membuat Range/Blok Sel
Pada saat bekerja menggunakan Excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu sel saja. Terkadang,
anda akan bekerja dalam grup/kumpulan sel. Misalnya saja bila anda ingin merubah jenis huruf
beberapa kolom dan (atau) baris, ingin merubah rumus beberapa kolom dan (atau baris),
copy-paste atau mendelete data beberapa kolom dan(atau) baris, dll. Dalam kondisi2 seperti ini,
anda dapat menggunakan range/blok sel ini untuk memudahkan kerja anda.

Range dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah. Sebagai
caontoh, range dari sel B2 sampai E7 dituliskan sebagai range B2:E7. (lihat Gambar 3).







Gambar3. Tampilan Range B2:E7

Range/blok sel dapat dibuat dengan beberapa cara :
Membuat Range Menggunakan Tombol Shift
a. Tempatkan penunjuk sel awal range/bagian awal sel yang ingin diblok, yaitu B2 (lihat
Gambar 3).
b. Sambil menekan Shift, tekan tombol anak panah sampai sel tujuan, yaitu E7

Membuat Range Menggunakan Mouse**
a. Klik sel yang merupakan sel awal range, yaitu B2. Pointer/penunjuk mouse harus barada
dalam keadaan tanda plus warna putih (tunjuk ke dalam sel, bukan tepi sel). (lihat Gambar 3).
b. Sambil tetap menekan klik kiri mouse, gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan, yaitu sel E7.

Membuat Kolom atau Baris
Suatu kolom atau baris dapat disorot dengan mengklik huruf kolom atau nomor baris yang
anda inginkan. Misalnya cukup klik huruf kolom B bilai ingin menyorot seluruh kolom B.
Menyorot Sederetan Kolom atau Baris
Untuk menyorot sederetan kolom (misalnya B, C, D) atau sederetan baris (misalnya 3, 4, 5)
dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut ini :
a. Klik di huruf kolom atau di nomor baris awal (di contoh ini adalah B atau 3)
b. Sambil tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah(drag) pointer(penunjuk) mouse hingga
menyorot seluruh baris itu (di contoh ini adalah D atau 5).






Gambar4. Menyorot Sederetan Kolom

G. Menghapus Data
Untuk menghapus data di suatu sel atau range tertentu, pindahkan sel ke, atau buatlah range
tempat yang ingin dihapus, lalu tekan tombol Delete. Dan bila ingin menghapus format
tampilan data/sel dapat dilakukan dengan memilih dan mengklik menu E
dit, Clear, Formats.

H. Memasukkan Rangkaian Data dengan Fasilitas AutoFill
Untuk memasukkan data berupa angka atau teks dengan fasilitas AutoFill, dapat dilakukan
dengan mengikuti langkah2 berikut ini :
1. Pilih/klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin anda buat. Misalnya
pilih/klik sel B2.
2. Ketik data awal yang anda inginkan. Misalnya teks “Jan” (January)
3. Pada sel berikutnya (sel dibawah/B3 atau disampingnya/C2) ketik data berikutnya yang
anda inginkan. Misalnya di B3 ketik “Feb” (February)
4. Sorot/bloklah B2:B3. (Lihat Gambar5)


Gambar5. Tampilan Data Awa
5. Dalam keadaan masih tersorot, arahkan penunjuk/pointer mouse ke pojok kanan bawah sel
B3 hingga tanda plus putih berubah menjadi plus hitam
6. Tekanlah tombol kiri mouse dan geser/drag posisi pointer mouse ke sel yang diinginkan
misalnya B12. Dengan ini rangkaian data angka dapat ditampilkan. Lihat Gambar 6.






Gambar6. Hasil Rangkaian Data dengan Teknik AutoFill

I. Menggunakan Fasilitas AutoCalculate dan AutoSum
AutoCalculate
Fasilitas AutoCalculate (penghitungan otomatis) digunakan untuk melakukan penghitungan
dengan cepat dan mudah dari data2 yang cukup banyak dalam suatu range tertentu. Didalam
fasilitas AutoCalculate ini terdapat 6 buah perintah, yakni perintah otomatis untuk menghitung
rata2 (Average), jumlah data (Count), banyak data angka (Count Nums), nilai max (Max), nilai
min (Min), dan jumlah data angka (Sum).
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
1. Sorot range data yang akan dikalkulasi/hitung. Misal sorot range C7:C12 dari data seperti
dibawah ini.






Gambar7. Contoh Penggunaan AutoCalculate
2. Klik tombol kanan mouse di baris status, dan pilihlah jenis kalkulasi yang anda inginkan.
Misalkan pilihlah Average(A) untuk menghitung rata2 data.
3. Hasilnya akan ditampilkan di baris status.

AutoSum
Fungsi AutoCalculate diatas adalah untuk menghitung cepat data2 yang cukup banyak, tetapi
tidak dapat menuliskan secara otomatis di lembar kerja anda. Khusus untuk penjumlahan (Sum),
ada cara mudah lain untuk melakukannya yang sekaligus juga dapat langsung menuliskannya ke
lembar kerja anda. Caranya adalah dengan menggunakan tombol toolbar AutoSum (S).
Misalnya dalam contoh diatas, bila kita ingin menuliskan total unit, letakkan pointer mouse ke
tempat yang kita inginkan (misalnya C13), lalu tekan tombol S di toolbar. Selanjutnya sorot
range yang ingin dijumlahkan (dalam contoh ini adalah C5:C10) dan tekan Enter.






Gambar8. Contoh Penggunaan AutoSum

KESIMPULAN

1. Microsoft Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data.
2. Beberapa fungsi Ms. Excel yaitu Sum = Penjumlahan, Average = Nilai rata-rata dan fungsi logika yang terdiri dari IF, Value, Find, Replace, Concatenate dan Mid serta Left dan Right.











PERCOBAA 4
MICROSOFT POWER POINT

TUJUAN
1. Mengetahui cara menjalankan aplikasi Ms. Power Point
2. Bisa membuat sebuah presentase
3. Menggunakan serta mengetahui fungsi yang ada pada bagian Ms. Power Point
MANFAAT
1. Dapat mengetahui cara menjalankan aplikasi Ms. Power Point
2. Dapat membuat sebuah file presentase
3. Dapat menggunakan serta mengetahui fungsi yang ada pada bagian Ms. Power Point
DASAR TEORI
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada tahun 1987, PowerPoint Versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. Pada waktu itu, PowerPoint masih menggunakan warna hitam dan putih, yang mempu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi Overhead Projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakui sisi Forethought. Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dollar pada 31 Juli 1987, Versi Microsoft Windows dari PowerPoint (Versi 2.0) muncul kepasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0 sejak 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition) Versi terbarunya adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), dirilis pada November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan.
Open Fungsi → untuk membuka document yang telah disimpan. Close Fungsi → untuk menutup file. Save Fungsi → untuk menyimpan file pada disket. Save as Fungsi → untuk menyimpan file. Save as Web Page Fungsi → untuk mencari file. Web Page Preview Fungsi → . Page Setup Fungsi → untuk mengubah ukuran halaman pada suatu slide, arah cetakan (orientasi). Print Preview Fungsi → untuk menampilkan hasil cetakan di layar monitor. Print Fungsi → untuk mencetak slide ke printer.
PEMBAHASAN
A. Layar Kerja Power Point


Keterangan Gambar :
 Menu Bar : Daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah
 Standart Toolbar : Tools untuk menangani file, menyisipkan objek baik gambar atau grafik
 Formatting Toolbar : Tools yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pengaturan huruf atau tulisan
 Slide Sorter View : Menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil
 Slide Show : Menampilkan tayangan sebuah slide
 Drawing Toolbar : Tolls yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar


B. Membuat Slide Presentasi
Pada layar akan nampak slide berikut :

Langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam membuat slide :
1. Membuat text
 Membuat judul
• Klik pada tulisan “Click to add title” lalu ketikkan judul presentasi
 Membuat textbox pada click to add text
• Klik icon
• Klik pada bagian dari slide yang ingin ditambahkan tulisan
 Menggunakan Bullet and Numbering
• Klik area textbox yang ingin menggunakan Bullet and Numbering lalu klik Format Bullets and Numbering pilih yang akan digunakan
• Bila telah selesai maka klik di luar area textbox
 Membuat WordArt
• Klik Insert Picture WordArt atau cari icon Insert WordArt pada Drawing Toolbar
• Pilih 1 model kemudian klik OK
• Muncul kotak dialog seperti di bawah ini, lalu ketikkan tulisan yang diinginkan lalu OK

2. Menampilkan gambar
a. Klik Insert Picture lalu pilih Clip Art bila gambar yang ingin digunakan
adalah gambar yang disediakan oleh Microsoft Office atau pilih From File bila ingin menggunakan gambar koleksi pribadi (untuk memilih akan muncul kotak dialog open kemudian cari lokasi filenya sampai ditemukan filenya).
b. Atur sesuai keinginan lalu klik di bagian lain slide yang tidak ada gambar tersebut
3. Memberikan Background
a. Klik kanan pada bagian slide yang kosong
b. Pilih Background
c. Muncul kotak dialog berikut

d. Pilih More Colors dengan menklik drop down untuk mengatur warna yang diinginkan
e. Pilih Fill Effect dengan menklik drop down untuk mengatur efek yang diinginkan dengan memilih pola gradient/texture/pattern yang diinginkan
f. Pilih Apply untuk memberi background pada 1 lembar slide yang sedang dipilih itu saja atau Apply to All untuk memberi background pada seluruh slide
4. Menambah Slide Presentasi
a. Klik icon pada formatting toolbar
b. Pilih salah satu tipe slide yang diinginkan
5. Menghapus Slide Presentasi
a. Pilih Slide yang akan dihapus dengan cara mengklik slide tersebut pada Outline Slide
b. Tekan Delete pada Keyboard
6. Memberi Animasi
a. Klik kanan text atau objeknya
b. Klik Custom Animation
c. Pilih effects untuk memberikan animasi pada text atau objek yang diinginkan dengan memilih pada icon
d. Setelah memilih efek yang diinginkan maka akan nampak sbb:

e. Atur Start berdasarkan pada saat apa animasi ini dilakukan
f. Atur Direction berdasarkan arah yang diinginkan
g. Atur Speed berdasarkan seberapa cepat animasi tersebut dilakukan
h. Sesuaikan urutan tampilan animasi sesuai keinginan dengan mengatur order
i. Tekan play untuk melihat tampilan preview hasil pengaturan yang dilakukan
7. Menambahkan Slide Transition
a. Klik bagian slide di luar textbox lalu klik kanan pilih Slide Transition atau klik Slide Show pada Menu Bar lalu pilih Slide Transition
b. Lalu pilih jenis yang diinginkan pada tiap slide
c. Sesuaikan komponen lainnya seperti pada pemberian animasi
8. Membuat table
a. Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih table
b. Isikan jumlah baris dan kolom tabel yang akan dibuat pada kotak dialog yang muncul

c. Untuk melakukan pengesetan lebih lanjut terhadap tabel yang ada dapat dilakukan dengan men-“double click” tabel tersebut atau mengklik kanan pada bagian garis tabel tersebut dan memilih “Borders and Fill”

9. Membuat diagram
a. Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih chart
b. Secara otomatis akan nampak tampilan sebagai berikut :

 Perubahan terhadap nama, jumlah, maupun data-data lain hanya dengan mengganti isi dari tabel pada Datasheet tersebut dan secara otomatis diagramnya akan ikut berubah mengikuti data pada tabel Datasheet
 Bila sudah selesai klik di luar area Datasheet maka akan diperoleh grafik yang diinginkan (untuk mengeditnya kembali dapat dilakukan dengan me-“double click” diagram tersebut)
 Untuk melakukan pengaturan lainnya dapat dilakukan dengan meng-klik kanan bagian-bagian diagram sehingga tampilannya akan dapat disesuaikan sesuai keinginan.
10. Menambahkan file video
a. Klik Insert pada Menu Bar lalu klik Movies and Sounds lalu pilih yang diinginkan
b. Setelah memilih file maka akan keluar kotak dialog apakah ingin movie langsung dijalankan atau harus di klik terlebih dahulu maka pilihlah sesuai kebutuhan
11. Membuat Hyperlink
a. Klik kanan bagian yang ingin di Hyperlink lalu pilih Hyperlink
b. Isikan alamat tujuan yang ingin dituju
12. Menampilkan Slide (Slide Show)
a. Klik icon Slide Show
b. Hasil slide-slide yang telah dibuat akan ditampilkan sesuai dengan apa yang telah diatur
c. Untuk keluar dari Slide Show tekan End Show

KESIMPULAN
1. Micorosoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain.
2. Kita dapat membuat presentase dengan mengklik new slide dan menyimpannya denga mengklik save.
3. Pada file presentase terdiri tiga tampilan yaitu slide show, slide shorter dan normal slide.








PERCOBAA 5
PENGENALAN INTERNET

TUJUAN
1. Mengenal serta mengetahui internet
2. Untuk bisa menggunakan Web Browser, Search Engine serta pembuatan surat eletronik.
MANFAAT
1. Dapat mengetahui internet
2. Dapat menggunakan Web Browser, Search Engine serta pembuatan surat elektronik.

DASAR TEORI

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan. IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

PEMBAHASAN
Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protocol tertentu. Istilah "protokol" di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet.
a. Web Browser
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah antara lain:
- Internet Explorer
- Firefox Mozzila
- Netscape
- Opera, dll
b. Berselancar Di Dunia Internet (Surfing Atau Browsing)
Berselancar di dunia Internet merupakan suatu penjelajahan di dunia maya atau web, untuk mendapatkan suatu informasi atau pengetahuan yag lagi dibutuhkan. Istilah berselancar ini dalam dunia per internetan biasanya dikenal dengan surfing atau browsing. Di dalam memulai suatu browsing kita harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, biar nanti tidak melebar atau meluas kemana-mana. Adapun langkah-langkah untuk memulai browsing adalah sebagai berikut:
a. Pilih browser yang akan digunakan (misalkan Internet Explorer)
b. Pastikan Informasi yang akan didapatkan (misalkan mencari berita)
c. Buka situs yang mengandung berita (misalkan Jawapos.com)
d. Ketik nama situs tersebut pada (http://www.jawapos.com) kolom address bar
e. Setelah diketik tekan “enter” atau klik “tombol Go”
f. Tunggu beberapa saat, hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis “Done” di status bar
g. Situs sudah siap untuk ditelusuri.

c. Berkirim Surat Elektronik Atau Email (Electronic Mail)
Email adalah singkatan dari electronic mail (surat elektronik). Pengertian dari email itu sendiri menurut Wikipedia.org adalah suatu metode storage (penyimpanan) dan forward (penyampaian) dalam menulis, mengirim, menyimpan, dan menerima pesan melalui system komunikasi elektronik. Email memudahkan kita untuk mengirim pesan dengan mudah, murah, aman, dan cepat keseluruh orang di dunia. Coba bayangkan jika kamu harus mengirim surat ke 1000 orang di 100 negara yang berbeda. Hitunglah berapa biaya posnya.
Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email.
Banyak Situs-situs penyedia email gratisan yang bisa di pakai oleh siapa saja, Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat email dengan dua penyedia layanan email gratis yang berbeda, yaitu : Yahoo Mail dan Google Mail.
 Yahoo Mail
Langkah-langkah membuat email adalah sebagai berikut :
1. Ketik yahoo.com pada address-bar, nanti klik pada “Mail” atau “My Mail”. Jika ingin langsung ke halaman email yahoo, cukup ketik mail.yahoo.com pada address-bar. Setelah itu maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah.
2. Klik “Sign Up”, maka nanti kamu akan diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Hal lain yang tidak kalah penting dalam membuat email adalah ID, Email merupakan bagian dari identitas diri kita. Pastikan kamu memilih nama email (ID) dengan sesuatu yang menggambarkan diri kita. Sesuatu yang mudah diingat.
3. Isikan Nama depan, nama belakang, Jenis kelamin, Tanggal lahir, Tempat tinggal, Kodepos


4. Isikan id yang akan digunakan, seperti yang sudah dikatakan ID merupakan bagian dari identitas kita, maka pakailah ID yang mudah di hafal dan mudah di mengerti


5. Isikan email alternatif dan security questions untuk sekedar jaga-jaga kalo nanti lupa password. Jika masih belum punya email sama sekali untu alternate email bisa di kosongkan.


6. Terakhir,akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi (yang gambar hurufnya aneh). Itu sebenarnya adalah langkah untuk menghindari spam. Intinya agar “yang bukan orang” alias mesin ngga bisa daftar email. Setelah itu kasih checkbox pada persetujuan dan klik Create My Account

7. Sekarang Account sudah dapat digunakan untuk mengirim dan menerima email, klik Continue untuk melanjutkan ke halaman email kita.


8. Dibawah ini merupakan menu account kita pada email yang barusan dibuat, untuk membaca email yang masuk pad account kita klik Inbox. Dan untuk mengirim email ke account yang ;ain klik New atau compose. Caranya cukup mudah, tentukan alamat email yang dituju pada form “To”, lalu isi judul email kamu pada “Subject”. Jika kamu ingin melampirkan file lain, gambar atau file dokumen klik pada “Attach”. JIka sudah selesai kamu dapat klik pada “send”, atau kamu ingin menyimpan dulu sebagai draft? Klik saja “Save As A Draft”. Lalu, kamu tinggal klik “cancel” jika ngga jadi ngirim surat.


9. Signout jika sudah selesai menggunakan email tersebut.




 Gmail (Google Email)
Penyedia Email yang kedua Cara daftarnya ngga jauh beda dengan daftar account yahoo, cukup ketik ==>www.gmail.com<== , berikut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Klik sign up untuk mendaftarkan email baru di gmail, seperti gambar dibawah ini

2. Isikan pertanyaan-pertanyaan, layaknya pertanyaan seperti pada pendaftaran email yahoo. Setelah sudah di isi semua klik create account.
3. Setelah semuanya selesai maka akan muncul lembar seperti dibawah ini, dan klik saya siap-tampilkan account saya untuk menuju ke halaman selanjutnya, dan untuk membaca, mengirim dan menghapus hamper sama dengan yang ada di email yahoo


4. Email google siap untuk di gunakan

d. Mencari Info Di Internet Dengan Memanfaatkan Search Engine
Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web, cukup dengan memasukkan kata kunci-nya maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat. Ada macam-macam situs yang saat ini sebagai search engine diantaranya yang paling popular adalah google dan yahoo.
 Langkah mengaktfikan dan menggunakan search engine Google:

1. Buka browser dan buka www.google.com, dan tunggu sampai situs terbuka semua


2. Pada kolom ketikkan kata kunci informasi yg ingin dicari mis. Berita


3. Tekan Enter atau klik tombol Mesin Cari Google (Google Search)
4. Situs search engine tersebut akan menampilkan maksimal 10 link situs yang berkaitan dengan kata kunci.
5. Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara mengerakkan mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah mejadi gambar tangan ( ) pada text atau gambar tertentu, itu menandakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik link tersebut, maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang kita klik.
6. Bila tidak maka kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik ikon back

 Langkah mengaktfikan dan menggunakan search engine Yahoo:

1. Buka browser dan buka www.yahoo.com, dan tunggu sampai situs terbuka semua


2. Pada kolom ketikkan kata kunci informasi yg ingin dicari mis. Berita



3. Tekan Enter atau klik tombol Web Search
4. Situs search engine tsb akan menampilkan maksimal 10 link situs yang berkaitan dengan kata kunci.
5. Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara mengerakkan mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah mejadi gambar tangan ( ) pada text atau gambar tertentu, itu menandakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik link tersebut, maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang kita klik.
6. Apakah halaman web yang terbuka menyajikan informasi yang kita cari, bila ya simpan, bila tidak maka kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik ikon back


KESIMPULAN
1. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
2. Melakukan search eginie dapat dilakukan di google ataupun yahoo, serta kita dapat memperoleh akun melalui Yahoo Mail dan software browsing yang biasa digunakan seperti Mozilla, Opera dan Internet Explorer.








PERCOBAA 6
PENGENALAN JARINGAN

TUJUAN
1. Untuk dapat memehami dan mengenal jaringan internet
2. Mengetahu manfaat dari adanya jaringan internet
3. Menegtahu beberapa macam jaringan internet
MANFAAT
1. Dapat mengenal dan memahami jaringan internet
2. Dapat mengetahui manfaat dari adanya jaringan internet
3. Dapat mengetahui beberapa macam jaringan internet
DASAR TEORI
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.


JENIS JARINGAN KOMPUTER

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
PEMBAHASAN

A. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
a. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
b. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
c. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.


d. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
e. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
f. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
B. JENIS JARINGAN KOMPUTER
Berdasarkan jarak dan area kerjanya jaringan komputer dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu :
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data, maka LAN dapat digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu :
a. Low Speed PC Network
Kecepatan transmisi data pada Low Speed PC Network kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal computer. Contoh dari jenis ini adalah Omninet oleh Corvus Systems (network bus), Constalation oleh Corvus Systems (star network), Apple talk oleh Apple Corporation.
b. Medium Speed Network
Kecepatan transmisi data pada Medium Speed Network berkisar antara 1 – 20 Mbps dan biasnya diterapkan untuk mini computer. Contoh dari jenis ini adalah Ethernet oleh Xerox, ARC Net oleh Datapoint Corporation, Wangnet oleh Wang Laboratories.
c. High Speed Network
Kecepatan transmisi data pada Hig Speed Network lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk mainframe computer. Contoh dari jenis ini adalah Loosely Coupled Network oleh Control Data Corporation, Hyper Channel oleh Network System Corporation.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

Gambar 1 Contoh alokasi jaringan data
C. Topologi Jaringan Komputer
Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Dalam definisi topologi terbagi menjadi dua, yaitu topologi fisik (physical topology) yang menunjukan posisi pemasangan kabel secara fisik dan topologi logik (logical topology) yang menunjukan bagaimana suatu media diakses oleh host.
Adapun topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan adalah :
Topologi Bus (Bus Topology)
Menggunakan satu segment ( panjang kabel ) backbone, yaitu yang menyambungkan semua host secara langsung.
1. Topologi Ring (Ring Topology)
Menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. Secara fisik jaringan ini berbentuk ring (lingkaran).
2. Topologi Star (Star Topology)
Menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. Titik ini biasanya menggunakan Hub atau Switch.
3. Topologi Extended Star (Extended Star Topology).
Merupakan perkembangan dari topologi star. Memiliki beberapa titik yang terhubung ke satu titik utama.
1. Topologi Hirarki (Hierarchical Topology)
Dibuat mirip dengan topologi extended star. Sistem dihubungkan ke komputer yang mengendalikan trafik pada topologi.
2. Topologi Mesh (Mesh Topology)
Menghubungkan satu titik ke titik yang lainnya. Kondisinya di mana tidak ada hubungan komunikasi terputus secara absolut antar node komputer.
Topologi Logik pada umumnya terbagi mejadi dua tipe, yaitu :
1. Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.
2. Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision dapat dicegah.

Gambar 2 Topologi fisik jaringan computer
D. PROTOKOL
1. Pengertian Dasar Protokol
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.
Hal – hal yang harus diperhatikan dalam protokol adalah sebagai berikut :
a. Syntax
Merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal.
b. Semantix
Digunakan untuk mengetahui maksud dari informasi yang dikirim dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dari informasi tadi.
c. Timing
Digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.

3. Fungsi Protokol
Fungsi – fungsi protokol secara detail dapat dijelaskan sebagai berikut:
a. Fragmentasi dan Reassembly
Fungsi dari fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
b. Encaptulation
Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain.
c. Connection Control
Fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
d. Flow Control
Fungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.
e. Error Control
Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
f. Transmission Service
Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.
4. Dasar – dasar teknik pengkabelan jaringan
a. Kabel UTP
UTP merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan antar komputer. Di dalam kabel UTP ada 8 kabel kecil yang berisi tembaga solid. UTP mempunyai jarak maksimum 100 meters (~300ft). UTP hanya digunakan di dalam ruangan atau indoor sedangkan outdoor dapat menggunakan STP. Setiap kabel UTP mempunyai kategori yang tersusun. Yang sekarang banyak dipakai adalah Cat 5e untuk kecepatan 100 mbps.

b. konektor RJ-45

c. Jenis-jenis pengkabelan
1. Pengkabelan tipe straight
Ini merupakan tipe pengkabelan yang paling mudah dibuat, karena susunannya yang urut. Standard susunannya adalah sebagai berikut : 2 orange – 1 hijau – 2 biru – 1 hijau – 2 coklat, maksudanya putih orange adalah pasangan putih orange dan orange. Demikian juga untuk warna yang lain. Walaupun sebenarnya susunan warna disini boleh juga dibolak-balik.

Pengkabelan tipe straigh biasa digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda, misalnya PC dan HUB, atau laptop dan HUB.


KESIMPULAN
1. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.
2. Dengan adanya jaringan internet kita bias berbagi berbagai macam file maupun yang berbentu sound ataupun berbagaimacam software lainnya, serta memudahkan kita untuk mengirim pesan elektronik.
3. Berdasarkan jangkauanya jaringan dibedakan atas jaringan LAN, MAN dan Wan














DAFTAR PUSTAKA

http://gudangilmu.net/website/sejarah-jaringan-internet-download-ebook.html
http://www.anneahira.com/macam-macam-jaringan-internet.htm
http://matulessi.wordpress.com/2010/01/13/macam-mcam-topologi-jaringan-internet/
http://www.scribd.com/word
http://duniagus.blogspot.com/2008/07/mengenal-microsoft-word.html
http://rudi.blog.uns.ac.id/2010/02/18/istilah-istilah-dan-fungsi-formula-excel-2007/
http://www.slideshare.net/Risdiana/microsoft-power-point-1074317
http://miyahara81.blogspot.com/2008/05/power-point.html
www.snapdrive.net/mengenalpowerpoint2007.pdf
http://mirshadfaizal-ayyubi.blogspot.com/2009/06/bill-gates-penemu-
microsoft-windows.html

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=197665125
http://www.total.or.id/info.php?kk=Windows
http://oswindows.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar